TANDA TANDA KEDATANGAN IMAM MAHDI A.S


ASSALAMU ALAIKUM

Bukti kuat seorang imam dari 12 imam yang terakhir akan muncul di akhir zaman,dimana
Saat itu seruan dari beliau mampu menggetarkan seluruh dunia,saat malam hari dimana dunia dilanda kerusakan yang terjadi dimana mana,Imam mahdi al muntadhor adalah tokoh“SATRIYO PANINGIT”diakhir zaman,pembawa keadilan yang di impikan oleh semua orang.

MAHDI AS AKAN DATANG PADA AKHIR ZAMAN UNTUK MENEGAKKAN PEMERINTAHAN SELURUH DUNIA
(1) Rasul bersabda: “Meskipun masa keberadaan dunia ini telah habis dan hanya tersisa satu hari sebelum Hari Kiamat tiba, Allah akan memperpanjang hari itu hingga waktu tertentu untuk menegakkan kerajaan orang yang berasal dari Ahlulbaitku yang akan dinamai dengan namaku. la akan mengisi dunia ini dengan kedamaian dan keadilan sebagaimana dunia ini akan dipenuhi ketidakadilan dan penindasan setelahnya.”
[Referensi hadis Sunni: Shahih at-Turmudzi, jilid 2, hal. 86, jilid 9, hal. 74-75; Sunan Abu Daud, jilid 2, hal. 7; al-Mustadrak ala ash-Shahihayn, oleh Hakim, jilid 4, hal. 557; dll]

(2) Rasul bersabda: “Mahdi akan muncul di tengah-tengah umatku. la akan hidup selama tujuh atau sembilan tahun. Pada saat itu, umatku akan mendapatkan kebaikan yang melimpah ruah yang tidak pemah terjadi sebelumnya. Umatku akan mendapatkan makanan yang sangat banyak, sehingga tidak perlu menyimpan apa pun, kemudian harta yang melimpah, sehingga apabila seseorang meminta kepada Mahdi sedikit dari harta itu, ia akan berkata, ‘Ini, ambillah!”
[Referensi hadis Sunni: Sunan Ibnu Majah, jilid 2, hadis 5.083.].

(3) Rasul bersabda: “Kami (Aku dan keluargaku) adalah keluarga yang telah Allah jadikan bagi mereka kehidupan akhirat lebih utama daripada kehidupan dunia. Anggota keluargaku akan mengalami penderitaan yang sangat hebat dan mengalami pengusiran secara paksa dari kampung halaman mereka setelah aku tiada. Kemudian akan datang orang-orang dari Timur sambil membawa bendera-bendera hitam. Mereka akan meminta agar kebaikan diberikan kepada mereka, tetapi mereka akan ditolak. Karena itu, mereka akan berperang dan mendapat kemenangan. Mereka akan diberi apa yang mereka inginkan pertama kali. Tetapi mereka akan menolak untuk menerimanya hingga mereka memberikannya kepada seorang lelaki dari keluargaku (Ahlulbait) yang mengisi muka bumi ini dengan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi kerusakan. Maka barang siapa yang sampai pada masa itu, ia harus mendatangi mereka meskipun .ia merangkak di atas es karena di antara mereka terdapat wakil Allah (Khalifatullah) Mahdi.”
[Referensi Hadis Sunni: Sunan ibn Majah, jilid 2, hadis 4.082; Buku sejarah karya Thabari; ash-Shawa’iq al-Muhriqah oleh Ibnu Hajar, bab 11, bag. l, hal. 250-251].

(4) Rasul bersabda: “Dunia ini tidak akan hancur hingga seorang lelaki dari kalangan bangsa Arab yang namanya sama dengan namaku muncul.”
[Referensi hadis Sunni: Shahih at-Turmudzi, jilid 9, hal. 74].

(5) Dalam Shahih Muslim, pada bab al-Fitan, ada beberapa hadis menarik, Abu Nadra meriwayatkan: “Kami saat itu bersama-sama Jabir bin Abdillah. Jabir diam untuk beberapa lama lalu meriwayatkan apa yang telah dikatakan Nabi Muhammad, ‘Akan datang seorang Khalifah pada akhir zaman umatku yang dengan sukarela memberi kekayaan kepada orang-orang tanpa menghitungnya.’ Aku bertanya kepada Abu Nadra dan Abu Ala, `Maksud kalian Umar bin Abdul Aziz?’ Mereka menjawab, ‘Bukan, (ia adalah Imam Mahdi).
[Referensi hadis Sunni: Shahih Muslim, versi bahasa Inggris, jilid 4, bab MCCV, ha1.1508, hadis 6.961; Shahih Muslim, versi bahasa Arab, Kitab al-Fitan, jilid 4, hal. 2234, hadis 67].

(6) Dalam Shahih Muslim. Abu Sa’id dan Jabir bin Abdillah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, ‘Akan datang pada akhir zaman seorang khalifah yang akan membagikan kekayaan tanpa menghitungnya.”
[Referensi Hadis Sunni: Shahih Muslim, versi bahasa Inggris, jilid 4, bab MCCV, hal. 1508, hadis 6.964; Shahih Muslim, versi bahasa Arab, Kitab al-Fitan, jilid 4, hal. 2235, hadis 69].

(7) Diriwayatkan pula: “Pada akhir zaman, umatku akan mengalami penderitaanyang tidak pemah terjadi sebelumnya, sehingga manusia tidak dapat mencari jalan keluar. Kemudian Allah akan mendatangkan seorang lelaki dari keturunanku, yang akan mengisi dunia ini dengan keadilan, sebagaimana sebelumnya telah dipenuhi kebatilan. Para penghuni bumi dan langit mencintainya. Langit akan mencurahkan airnya di semua tempat dan bumi akan memberikan segala sesuatu yang ia miliki dan segala penjuru bumi akan berwama hijau.”
[Referensi hadis Sunni: ash-Shahih fi al-Hadits oleh Hakim; ash-Shawa’iq al-Muhriqah, olelh Ibnu Hajar Haitsami, bab 11, bag. 1, hal. 250].

(8) Selain itu diriwayatkan bahwa, Ali bin Abi Thalib berkata, “Ketika ‘Pemimpin’ dari keluarga Muhammad (al-Qa’im ali Muhammad) muncul, Allah akan menyatukan orang-orang yang berada di timur dan di barat.”‘
[Referensi hadis Sunni: Ibnu Asakir; ash-Shawa’iq al-Muhriqah oleh Ibnu Hajar Haitsami, bab 11, bag. 1, hal. 252].

(9) Ibnu Hajar menuliskan bahwa, Muqatil bin Sulaiman dan orang-orang yang mengikutinya di antara para mufasir Sunni menyatakan bahwa ayat. “Dan ia akan datang sebagai Tanda (Datangnya hari Kiamat )’ turunya berkenaan dengan Mahdi.”
[Referensi hadis Sunni: ash-Shazva’iq al-Muhriqah, oleh Ibnu Hajar Haitsami, bab 11, bag. l, hal. 247].

(10) Ibnu Khaldun (809/1406), seorang sejarawan terkemuka, dalam al-Muqaddimah, menuliskan: “Biarlah diketahui bahwa hadis ini adalah peristiwa yang diriwayatkan oleh semua muslim di sepanjang zaman, bahwa pada akhir zaman seorang lelaki dari keluarga Nabi Muhammad akan datang dan mengokohkan Islam serta menyebarkan keadilan tanpa kegagalan. Umat Islam akan mengikutinya dan ia akan menguasai seluruh dunia Islam. la bemama Mahdi.”
[Pengantar Sejarah, oleh Ibnu Khaldun, versi bahasa Inggris, London, edisi 1967, hal. 257-258].

MAHDI AS BERASAL DARI AHLULBAIT RASUL
(1) Rasul bersabda: “Mahdi adalah salah satu dari Lomi, anggota keluarga kami (Ahlulbait).”
[Referensi hadis Sunni: Sunan Ann Majah, jilid 2, hadis 4.085].

(2) Rasul bersabda, “Kami putra putri Abdul Muththalib adalah penghulu para penghuni surga, aku, Hamzah, Ali, Ja’far bin Abi Thalib, Hasan, Husain, dan Mahdi.”
[Referensi hadis Sunni: Sunan bin Majah, jilid 2, hadis 4.087; al-Mustadrak oleh Hakim, dari Anas bin Malik; Dailami; as-Shawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibnu Hajar Haitsami, jilid 11, bag. 1, hal. 245].

(3) Ibnu Majah dalam kitab Sunan-nya mengutip ucapan Ibnu Hanafiyah dan Imam Ali bahwa Nabi Muhammad bersabda: “Mahdi berasal dari Ahlulbaitku, Allah akan memunculkannya dalam satu malam (artinya kedarangannya sangat tidak terduga dan sangat tiba-tiba).”
[Referensi hadis Sunni: Sunan ibn Majah, jilid 2, hat 269; Ahmad bin Hanbal; as-Shawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibnu Hajar Haitsami, bab 11, bag. 1, hat 250].

(4) Ahmad bin Hanbal juga mencatat, Nabi Muhammad bersabda: “Allah akan mengeluarkan Mahdi yang berasal dari keluargaku dari persembunyian sebelum Hari Kiamat, meskipun tinggal satu hari lagi kehidupan di dunia ini akan berakhir, ia akan menyebarkan keadilan dan persamaan di muka bumi ini dan menghancurkan kezaliman dan penindasan.”
[Referensi hadis Sunni: Musnad Ahmad ibn Hanbal, jilid 1, hat 99; Versi yang hampir sama juga diriwayatkan dalam Sunan Abu Daud, versi bahasa Inggris, bab 36, hadis 4.270 diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib].

MAHDI AS BERASAL DARI KETURUNAN FATHIMAH AS
(1) Nabi Muhammad bersabda: “Mahdi berasal dari keluargaku, dari Keturunan Fathimah (putri nabi).”
[Referensi hadis Sunni: Sunan Abu Daud, versi bahasa Inggris, bab 36, hadis 4.271 (diriwayatkan oleh Ummu Salamah, istri Nabi Muhammad); Sunan Ibnu Majah, jilid 2, hadis 4.086; Nasa’i dan Baihaqi, dan kawan-kawan; ash-Shawa’iq al-Muhriqah oleh Ibnu Hajar Haitsami, bab 11, bag. 1, hal. 249].

(2) Ibnu Hajar memberi komentar: “Menurut pendapat saya, hadis tersebut merujuk pada Ahlulbait, karena Allah menciptakan dunia ini untuk Nabi dan menjadikan keberadaannya kundisional bagi keberadaan ahlulbaitnya karena mereka memiliki keutamaan – keutamaan yang sama dengan Nabi Muhammad sebagaimana yang disebutkan Razi, dan karena Nabi Muhammad menyatakan keutamaan-keutamaan mereka bahwa, “Ya, Allah! Mereka berasal dariku dan aku berasal dari mereka.” Karena mereka bagian darinya, sebagai ibu mereka, Fathimah adalah bagian dari dirinya. Dengan demikian, mereka (Ahlulbait) juga merupakan wasiat bagi muka bumi (sama seperti yang dinyatakan ayat di atas tentang Nabi Muhammad).
[Referensi hadis Sunni: ash-Shawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibnu Hajar, bab 11, bag. 1, hal, 234].

(3) Dua ulama Syafi’i, Ganji dalam buku al-Bayan dan Syablanji dalam buku Ntar al-Abshar, menerangkan ayat 42:28 sesuai riwayat Sa’id bin Jubair, Dialah yang mengutus utusannya (Muhammad) dengan petunjuk dan agama yang benar untuk memenangkan agamanya di atas agama lainnya, sebagai janji kepada Nabi Muhammad bahwa bumi ini akan dipenuhi oleh Mahdi yang merupakan keturunan Fathimah as.

MAHDI AS TIDAK SAMA DENGAN NABI ISA
(1) Diriwayatkan dalam Shahih Muslim bahwa Jabir bin Abdillah Anshari berkata: “Aku mendengar Rasulullah-bersabda, ‘Sekelompok umatku akan berperang demi kebenaran hingga mendekati akhir zaman, saat Nabi Isa datang. Pemimpin kelompok itu akan memintanya memimpin shalat tetapi Nabi Isa menolak.’ la berkata, ‘Tidak, sesungguhnya, di antara kalian Allah telah menunjuk para pemimpin bagi yang lain dan la telah mengkarunia anugerah-Nya kepada mereka.”
[Referensi Hadis Sunni: Shahih Muslim, bahasa Arab, bag. 2, hal. 193; Musnad Ahmad ibn Hanbal, jilid 3, hat 45,384; ash-Shawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibnu Hajar Haitsami, bab 11, bag. 1, hat 251; dll]

NABI ISA AS AKAN MUNCUL SEBAGAI SALAH SATU PENGIKUT IMAM MAHDI
(1) Ibnu Abu Shaibah, ahli hadis Sunni lain dan guru Bukhari dan Muslim, telah meriwayatkan banyak hadis tentang Imam Mahdi as. la juga meriwayatkan bahwa Imam (pemimpin) kaum muslimim yang akan menjadi Imam shalat Nabi Isa as adalah Imam Mahdi.
Jalaluddin Suyuthi menyebutkan: “Aku mendengar orang-orang kafir menyangkal apa yang telah dinyatakan tentang Nabi Isa bahwa ketika ia turun ia akan shalat subuh di belakang Imam Mahdi. Mereka menyatakan, ‘Kedudukkan Nabi Isa lebih tinggi untuk shalat di belakang seseorang yang bukan rasul.’Ini merupakan pendapat yang aneh karena persoalan shalatnya Nabi Isa di belakang Imam Mahdi telah dibuktikan secara jelas melalui beragam hadis Shahih dari Nabi Muhammad, yang sangat dapat dipercaya.”
[Lihat Nuzul lsa ibn Maryam Akhir az-Zaman, oleh Jalaluddin Suyuthi, hat 56].

(2) Hafizh Ibnu Hajar Asqalani juga menyebutkan bahwa Imam Mahdi berasal dari umat ini, dan Nabi Isa akan datang dan shalat di belakangnya.
[Referensi hadis Sunni: Fath al-Bari, oleh Ibnu Hajar Asqalani, jilid 5, hal. 362].

(3) Hadis ini juga disebut oleh ulama Sunni, Ibnu Hajar Haitsami, yang menuliskan, “Ahlulbait adlaaqh seperti bintang-bintang yang melalui mereka kita ditunjukki ke jalan yang benar..Dan apabila bintang-bintang ini diambil (disembunyikan) kita akan berhadapan dengan tanda-tanda kebesaran Allah yang dijanjikan (Hari Kiamat). Kiamat akan terjadi ketika Imam Mahdi muncul, sebagaimana yang disebutkan di hadis-hadis, dan Nabi Isa akan shalat di belakangnya, Dajjal akan dibunuh, dan tanda-tanda kebesaran Allah akan muncul bersusulan.”
[Referensi Hadis Sunni: ash-Shawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibnu Hajar, bab 11, bag. 1, hal 234]

(4) Ibnu Hajar juga mengutip perkataan Husain Ajiri, “Hadis-hadis Mustafa SAW tentang munculnya Imam Mahdi telah diriwayatkan melalui beragam sumber dan hadis ini melebili tingkat kemutawatiran hadis.Pada hadis ini dijelaskan bahwa ia adalah Ahlulbaitnya, dan ia akan mengisi dunia ini dengan keadilan, kemudian Nabi Isa as akan datang pada waktu yang sama dan membantu Nabi Isa membunuh Dajjal di negeri Palestina, dan ia akan memimpin dunia ini dan Nabi Isa akan shalat di belakangnya.”‘

moga bermanfaat dan bisa menambah wawasan

wassalamu alaikum

mbah arifyanto

One thought on “TANDA TANDA KEDATANGAN IMAM MAHDI A.S

  1. bsulistio71 mengatakan:

    mantap..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s