MENGENAL KEBUDAYAAN / ILMU GHOIB SUKU DAYAK


Kiriman bang Budiman asal palangkaraya

Suku dayak,adalah suku yang sangat fenomenal yang ada di negara Indonesia,karena terkenal akan kekuatan magisnya ada beberapa penjelasan yang akan saya ulas tentang dunia suku dayak,diantaranya:

Suku paser
Paser (org2 biasa menyebut Pasir) merupakan salah satu suku asli Kalimantan selain Kutai, Dayak, Tidung, Banjar dan Melayu.
Kemungkinan masih satu rumpun dengan Dayak karena dari segi bahasa,dan adat istiadat masih ada kesamaan.
Suku Paser banyak di temui di daerah Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
Suku Paser sendiri terdiri lagi sub2 suku, seperti Paser Pematang di daerah Sadurangas / Benuo, Seratai ; Paser Telake di daerah Olong Telake, Longkali, Pinang Jatus, Olong Gelang, Pias, dll ; Paser Hadang di daerah Hadang ; Paser Modang di daerah Modang ; Paser Migi ; Paser Mayang ; Paser Balik yang merupakan penduduk asli Balikpapan, dll saya lupa.
Saya sendiri merupakan Paser Telake & Pematang dari pihak Bapak dan Paser Pematang / Benuo dari pihak Ibu.
Kebudayaan Paser sendiri bercampur dengan kebudayaan kesultanan, karena dulunya ada Kesultanan Paser yang berpusat di Sadurangas/Benuo/ Belengkong di daerah Sungai Kandilo.
Menurut Sempuri (cerita rakyat Paser), Islam masuk ke Paser sekitar thn 100 an Hijriah dibawa oleh Tuan Guru dari Yaman.
Menurut Sempuri, sejarah tua Paser bersal dari kehidupan purba di sungai Telake, dengan tokoh2 nya Datu’, Nalau dan Ayus. Nah dari orang2 ini konon menurunkan suku2 Paser, Kutai, Dayak.
Juga menurt Sempuri, Kerajaan Tua Paser dengan Rajanya Tuo Ono’ terdapat di daerah sungai Telake.
Setelah Islam masuk berdiri Kesultanan Paser dengan raja nya yg pertama seorang perempuan yang di sebut Putri Botung / Petung, yang semula berpusat di Lempesu, lalu pindah ke Benuo.
Klo dari suku Paser, adat2 yang mirip dengan dayak seperti :
– Belian: ritual utk peyembuhan massal yang dilakukan oleh seorang atau sepasang Mulung (org yg melakukan Belian)
– Besipung: semacam opera atau sandiwara ghaib, yg di adakan di dalam Lou Olai (Rumah besar) yang gelap, dimana seorang tetua adat memanggil roh2 org2 dulu yang merupakan pelaku sejarah sehingga terjadilah sandiwara yang dpt di dengar oleh org2 yg hadir.

Lemu (ilmu ghaib) yg srg saya dgr di suku Paser:
– Parang Maya: menggunakan tangan seperti parang / mendau.
– Pedang pekir: menggunakan jari telunjuk seperti pedang.
– Pedang kendali : melempaskan/ melemparkan senjata, setelah sasaran tertumpas semua, maka senjata akan kembali ke pemilik nya,. lemu ini yang dulu di guanakan Panglima Sentik ketika menumpas seluruh gerombolan Bajak Laut di sekitar perairan Balikpapan.
– Cuca’ peruntus: menghancurkan organ2 dalam tubuh.
– Cuca’ mayat: membuat org menjadi hidup seperti mayat.
– Cuca’ bangkai : menbuat org mebusuk.
– Lemu Selisih, Kuyar Mais, Lowong Botuk, Polong, dll saya byk yg lupa.

ini salah satu pelet versi paser :

Loking torik olo buo
Malan alas damu royan
Bolum berik mono kito
Lupo mangun delap beam

untuk tangkal guna2 dengan cara ilmu dayak caranya ambil batang rotan yg kulitnya agak mnghitam,ambil bambu kuning pas bulan purnama ke 1 ikat dengan bnang sutra panjang 1 jngkal tanganmu 9 warna lalu ikat dngan pita merah seindah mungkin,bungkus dngan kain sutra kuning,cukup dikantongi dibawa kmana2 maka tak akan terkna apa2
Balian ialah Tokoh Spiritual Suku Dayak, dalam istilah Dayak … ilmu itu disebut sebagai Lemu
namun sangat jarang yang mengungkap tentang Lemu yang ada…seperti yang tersohor dan ter ekspose keluar ialah

kehebatan Minyak Pelet Dayak:
Minyak Hadangan, Minyak Pitunduk, Minyak Sinyong nyong,
Minyak Buronq Buta (Bambu Buta) , Minyak Bulu Perindu (Gunung Bondang)
dan minyak lainnya:
Minyak Bumi (buat tangkal dan pengobatan)
Minyak Bintang ( buat anti celaka/mati dan pengobatan)
hal lainnya yang mantap ialah:
– Mandau Batu yang bajanya bisa lemas dan layaknya samurai bisa dibengkokkan
– Kalung Manik-manik bernuansakan magis ( aku punya satu )
– piring antik basah (anti kebakaran)
– Guci-guci keramat

Mandau Maya, versi dayak : (parang beneran yg diterbangkan ribuan jin/roh-roh untuk membunuh org) mkax terkdang gk da knal kasihan( ia pank,jin yg bwa). versi melayu(islam) : dengan menggunakan tgn yg di ibaratkan tangan maka sejauh mata memandang musuh2 bsa ditebas( hnya di dlam tubuhnya ),klo ini pernah dicoba ama paman sy tp dicoba ama buah pisang yg.titimpas/titebang dari jauh dengan tngan trus setelah kulit pisangnya di buka maka keliatanlah klo buahnya udh terbelah(bayangin klo sasaranya badan org,bklan putus tu jantungnya n mati). rata2 org2 islam melayu di kalimantan pegang ilmu ginian..

Mandau batu merupakan bahan mandaunya berasal dari besi yang terkandung di dalam batu kali, di Kalimantan Tengah sendiri ada dua aliran sungai yang menjadi asal batu tersebut yang biasanya di sebut Sanaman Mantikei (asal dari sungai Mantikei berada di Kabupaten Katingan ) dan Sanaman Montalat (asal dari sungai Montalat berada di Kabupaten Barito Utara) ciri besi ini berbentuk cair (semacam otak dari batu) itu saja yang saya tau. Maaf kalau OOT sekedar pengetahuan.
ritual – ritual suku dayak :
– Ritual Balian Tolak Bala/Penyakit (sewaktu terjadi wabah muntaber tahun 1974)
– Ritual Tiwah (atau apa yah aku lupa, dimana ada kerbau dikejar rame-rame ditusuk)
– Ritual Tattoo Dayak yang termasyhur itu ( pemain band dunia sampai datang minta itu)

sesungguhnya Tiwah merupakan Upacara Terakhir dari rentetan upacara kematian bagi pemeluk agama Hindu Kaharingan (Kaharingan merupakan agama asli masyarakat Dayak), dan ini bukanya memanggil roh leluhur, demikian sesungguh adanya dan semoga menjadi pengetahuan kita semua.
Tambahan :

Kalimat tentang adanya kesaktian/kepercayaan tidak saja hanya dipakai sebagai hiasan kesusastraan belaka melainkan dapat dipandang sebagai pendapat yang berakar-akar dalam bumi kepercayaan bangsa Indonesia, dari masa lampau sampai sekarang masih mempercayai akan adanya benda halus yang bernama kesaktian, termasuk pengetahuan bathin orang-orang Dayak. Adapun nama-nama pengetahuan bathin orang-orang Dayak tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Parang-maya, yaitu orang yang kena mati badan separo, atau leher seakan-akan ada bekas luka, atau tangan mendadak tak bisa bergerak, atau badan biru, tangan sepotong.
2. Pipit Berunai, yaitu semacam binatang kecil seperti busuk dipelihara dalam botol, dikasih makan timah atau waja/besi, menurut kepercayaan binatang tersebut dapat diperintahkan menyerang musuh.
3. Tumbak Gahan, yaitu pengetahuan ini biasanya terdapat di daerah Barito Selatan, Barito Timur dan Pasir (Tanah Grogot).
4. Awoh, yaitu khusus pengetahuan untuk membengkak atau merusak mata jadi buta, atau koreng yang tak dapat diobati lagi, daging lepas-lepas.
5. Kiwang, Kibang, Pakihang, yaitu khusus untuk memelihara kebun, ladang, rumah dll, orang yang kena dapat bengkak, sakit perut, berak-berak mendadak, badan lemas. Ada juga yang dinamai Pakihang Leket, orang yang terkena lemas tak dapat berjalan/berpindah tempat.
6. Panikam Jantung, yaitu khusus kekuatan bathin menikam jantung, orang terus hilang nafas dan kelihatan bekas dibelakang atau didepan bersamaan tempat jantung.
7. Petak Malai, yaitu tanah malai, tanah yang berkhasiat untuk menjinak binatang-binatang yang liar, menjinak manusia. Tanah ini didapat dari Bukit Bondang, Bukit Raya, Bukit Kaminting, Gunung Kelam dan disungai Samba dekat kampung jala hulu sungai Katingan.
8. Dll.. (sumber Kalimantan Membangun)

Panah terong adalah ilmu gaib yang memanfaatkan terong susu (buah terong yang ada benjolannya mirip payudara wanita), buahnya sudah langka dan mungkin hanya ada di kalimantan. Kemudian terong ini ditusuk pakai kayu yang dibentuk menjadi panah. Kayunya diambil dari pohon beringin yang angker. Lalu dipanahkan ke arah sasaran.
Akibatnya pada korban adalah akan sakit bisul biasanya dikepala yang sakitnya luar biasa, dan gak bakal sembuh-sembuh, apabila terong yang dipanahkan tsb sudah busuk dan pecah, maka pecah pulalah bisulnya yang kemudian disusul dgn meninggalnya sang korban.
budaya supranatural Dayak, Khmer / Kampuchea /kamboja , bahkan Thai/Siam ialah hampir sama dan mirip…jika pada saat ini sedang maraknya Sak Yant ( Tattoo Rajahan ala Thai ) maka pada suku Dayak itu dari jaman dahulu kala sudah ada . bahkan Tattoo Mistik Dayak dinyatakan yg paling tua walau sederhana bentuknya sehingga seorang pemain Band tingkat dunia berkenan langsung datang ke pedalaman Kalbar untuk memasang Tattoo Dayak di badannya orang Thai, Khmer, Melayu, Dayak, sama-sama suka Nyirih (daun sirih)
ada lagi ilmu dari dayak untuk mengetahui aroma bau tubuh manusia dari suku tertentu di indonesia yaitu para dukun di pedalaman mencari perempuan hamil dari suku A yang berusia 7 bulan, setelah ibunya dimatikan sedangkan anak 7 bulan diambil untuk dilaksanakan ritual diambil darahnya ditempatkan dikuali setelah itu ritual dengan anak buahnya [biasanya panglima perang dengan anak buahnya] setelah selesai didoakan [dimantrai] masing2 peserta meminum darah tersebut, maka hasilnya maknyus dan mantap karena para peserta tersebut dapat mencium aroma tubuh atau keringat dari suku A tersebut.

jenis2 ilmu hitam suku dayak
misalnya :
1. pukulan berat bumi = itu efeknya kalo kena kita membuat badan jadi berat… saking beratnya kaki kita bisa patah ngangkat badan kita sendiri. bisa juga langsung lumpuh se umur hidup.
2. panah Lombok = itu di kirim tengah malam lewat udara.. yang kena bisa mati kepedasan… atau dari badan kita bisa keluar lombok.
3. panah terong = sama seperti di atas.. tapi bedanya jika kena ini bisa badan kita jadi ungu seperti terong .. dalam 3 hari yakin deh pasti mati.
4. bulu perindu = bulu yang di simpan.. buat ngawinin anak orang.. yakin pasti di terima ama itu cewek, bulunya di rendam dalam air trus suruh minum tu cewe.
5. Mandau menangis = (Punya keluarhga gua). kata kakek kakeknya saya. mandau itu menangis karena di dalamnya ada roh2 musuh perang dulu yang terjebak di dalam.
Sembilan Ilmu Hitam Khas Suku Dayak
1.Tinju Sembilan Pintu.. Pukulanmu jadi kuat.. sekali pukul bisa mati..
2.Ajian Berat Bumi.. Badanmu di buat berat dan akhirnya tulangmu gak bisa menahan beban tubuhmu, tulangmu patah semua dan akhirnya mati.
3.Panah Terong.. sejenis santet seperti di jawa, kita mengirimnya dimalam hari, bagi siapa yang kena.. badan kita menjadi ungu seperti terong, dalam jangka 3 hari pasti mati jika tidak cepat di obati.
4.Panah Lombok.. Sejenis santet juga.. jika terkena badan kita akan merah dan kita merasa kepedasan.. kita akan haus terus tetapi selalu kepedasan.. tubuhmu akan lama kelamaan menjadi lemas dan dalam jangka waktu paling lama 1 minggu pasti mati.
5. Bulu Perindu.. sejenis barang gaib.. di pakai untuk menaklukkan lawan jenis yang kita inginkan… jika ada yang jual… pasti PALSU!!! karena di tidak bisa diperdagangkan.. ini di ambil dari dunia gaib.
6. Minyakbintang.. minyak gaib yang di pakai untuk menyembuhkan patah tulang.. dalam seminggu pasti tulang akan tersambung.. separah apapun patahnya..
7.Kalung Babi.. barang gaib yang di ambil bila kita bertarung melawan siluman babi yang tinggal di pedalaman hutan kalimantan. berguna bagi para preman karena kita akan kebal bacok, peluru dan ancaman benda tajam apapun. tapi efek sampingnya kita akan terkena panu tanpa bisa disembuhkan.
8. Mandau Siluman.. ini dia baru paling macho.. bisa mencari musuh di manapun berada..dengan target memutuskan kepala musuh.
9.Balsem Jahat.. Balsem yang di taro di benda yang sering di gunakan oleh target kita.. dalam kurang dari 4 hari pasti mati dengan diagnosa serangan jantung..

TAPI INGAT.. SEMAKIN TINGGI ILMU HITAM YANG DI AMBIL, SEMAKIN SIAL JUGA HIDUP KITA. Karena TUHAN TIDAK SUKA JIKA ADA ANAK2NYA YANG BERSEKUTU DENGAN SETAN.

Mandau adalah senjata sejenis parang dengan panjang kira-kira 1/2 meter. Biasanya hlu mandau diberik ukiran burung enggang dengan hiasan rambut manusia. Mandau dibuat oleh pandai besi yang memiliki ilmu gaib. Mandau terdiri dari dua maca, yaitu mandau tampilan dan mandau biasa. Mandau tampilan biasaya digunakan untuk perang dan upacara. Sementara mandau biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Mandau asli harganya dimulai dari Rp. 1 juta rupiah. Mandau asli yang berusia tua dan memiliki besi yang kuat bisa mencapai harga Rp. 20 juta rupiah per bilah. Mandau untuk cideramata biasanya bergagang kayu, harganya berkisar Rp. 50.000 hingga Rp. 300.000 tergantung dari besi yang digunakan. Mandau asli mempunyai penyang, penyang adalah kumpulan-kumpulan ilmu suku dayak yang didapat dari hasil bertapa atau petunjuk lelulur yang digunakan untuk berperang. Penyang akan membuat orang yang memegang mandau sakti, kuat dan kebal dalam menghadapi musuh.Mandau dan penyang adalah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan turun temurun dari leluhur.

moga bermanfaat

BUDIMAN

About these ads

20 thoughts on “MENGENAL KEBUDAYAAN / ILMU GHOIB SUKU DAYAK

  1. haryokinasih mengatakan:

    Alkhamdulillah..tambah wawasan..
    matur nuwun bang Budiman..

  2. Mazda mengatakan:

    Wew, mantap
    maap mw nanya alamat bang budiman dmn yah?
    Soalnya sy jg tggl d palangkaraya

  3. ARYO GUPITO mengatakan:

    Ilmu ghaib memang kejam dan sngt berbahaya kalau disalah gunakan.

  4. Ki Cantrik mengatakan:

    ijin nyimak buat nambah wawasan….

  5. saya keturunan dayak dari orang tua bapak saya . bagaimana caranya buat saya bisa mempunyai kekuatan keturunan ?

  6. veve mengatakan:

    mas, untuk menangkal kekuatan – kekuatan ghaib seperti bulu perindu gimna yah mas? tunangan saya mau pindah tugas di kalbar, saya jd khawatir mengingat banyak yg bilang kalo ilmu mistis di kalbar (dayak) sangat kuat.batu infonya yah mas biar bisa menangkal ilmu2 mistis seperti tersebut di atas.
    thanks..
    veve

  7. kufi mengatakan:

    banyak ragam dan wawasan karena indonesia terdiri dari banyak suku,bagus di publikasikan untuk mengenal tradisi,met kenal kenal bang Budiman,nama emailnya apa ya?

  8. M. Ramaiyansyah mengatakan:

    Buen info yo, iko ene ulun paser be?

  9. Reza Al-A'mir mengatakan:

    gan, mau nanya, temen saya dulu pernah kerja di kalimantan, menjalin hubungan dengan gadis dayak, kemudian pas temen saya pulang ke jawa dia selingkuh, setelah keluarga si gadis mengetahui itu, entah dg ilmu apa, alat kelamin teman saya hilang, menjadi kulit rata, dan ternyata ditemukan sedang dipajang di ruang tamu rumah keluarga gadis tersebut, itu ilmu apa y namanya?

  10. Yovi mengatakan:

    Gmn cra ngamalanlin ilmu 2 tu

  11. Ichal mengatakan:

    Mas,ajari Q don’k ilmu gaib?
    Kaya’penangkal bahaya!

  12. kiagoesipul mengatakan:

    Bang Budiman ijin copas yah…buat nambah2 artikel saya juga nih, bener2 bermanfaat, jadi nambah wawasan :)

  13. jayeningrat@gmail.com mengatakan:

    terima kasih bang saya bertambah wawasan bahwa indonesia kaya akan ragam budaya

  14. muhamad mengatakan:

    mantap saudaraku

  15. Rega Cakra Wardana mengatakan:

    sedikit ngutip..
    TAPI INGAT.. SEMAKIN TINGGI ILMU HITAM YANG DI AMBIL, SEMAKIN SIAL JUGA HIDUP KITA. Karena TUHAN TIDAK SUKA JIKA ADA ANAK2NYA YANG BERSEKUTU DENGAN SETAN.

  16. [...] Panah terong adalah ilmu gaib yang memanfaatkan terong susu (buah terong yang ada benjolannya mirip payudara wanita), buahnya sudah langka dan mungkin hanya ada di kalimantan. Kemudian terong ini ditusuk pakai kayu yang dibentuk menjadi panah. Kayunya diambil dari pohon beringin yang angker. Lalu dipanahkan ke arah sasaran. Akibatnya pada korban adalah akan sakit bisul biasanya dikepala yang sakitnya luar biasa, dan gak bakal sembuh-sembuh, apabila terong yang dipanahkan tersebut sudah busuk dan pecah, maka pecah pulalah bisulnya yang kemudian disusul dengan meninggalnya sang korban. — dikutip dari Mengenal Kebudayaan Suku Dayak. [...]

  17. single_boy mengatakan:

    maaf hanya meralat… kebetulan sya keturunan paser… bukan paser hadang tapi “PASER ADANG” dan juga org tua saya asli paser adang dari desa atang pait,long ikis, kab, paser kal-tim.

  18. asriansyahm mengatakan:

    saya anak kaltim asli ni ?? Tpi jrang udah yg bisa bgituan ?

  19. maulana banjar mengatakan:

    Semoga warisan ini tetap sampai ke cucu kita ,jangan jd lengenda bg meraka

  20. rio lang lang buanna mengatakan:

    saya dari riau (andalas). makasih atas info’y, pak. karna saya sendiri senang dgn adat indonesia terutama dayak.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s