AMALAN PEDANG GHOIB


AMALAN PEDANG GHOIB

ASSALAMU ALAIKUM

Amalan ini adalah amalan rahasia dan sangat rahasia,saya peroleh dari guru saya dari jepara,amalan ini amat simple dengan tata laku yang agak rumit,insya Alloh jika sudah manjing maka dalam diri anda akan menyimpan kekuatan wibawa yang sangat besar dan kemampuan lain misal dengan mudahnya anda dapat menjatuhkan lawan anda dari jarak jauh seperti pedang yang memenggal kepala dari dekat,amalan ini sengaja tidak saya sebar luaskan,amalan ini saya ajarkan buat murid saya yang mengikuti gemblengan tingkat khusus yang sudah melampui level 3,karena pengendalian diri amat terpenting dalam mengamalkan amalan ini,amalannya seperti ini:

“LAA FATA ILLA ALI LAA SAYFA ILLA ZULFAQOOR”

WASSALAM

MBAH ARIFYANTO

About these ads

38 thoughts on “AMALAN PEDANG GHOIB

  1. MBAH ARIFYANTO mengatakan:

    MASIH TETAP UNGGUL….UNO

  2. haryokinasih mengatakan:

    Salam Taklim saya haturkan pada MBAH ARIFYANTO,
    mohon bimbingannya..
    matur nuwun..

  3. Ramlansakti mengatakan:

    bole tak saya test amalan ini mbah…gimana cara detailnya

  4. Ramlansakti mengatakan:

    wah baru dibaca beberapakali makluk alus disebelah suda bergetar…

  5. Ramlansakti mengatakan:

    stop… sangat kuat auranya mahu meluncur keluar dari tangan kanan. tangan bergetar2, bahaya jika tdk dapat mengawal…subhanallah.

  6. MBAH ARIFYANTO mengatakan:

    KENAPA HANYA IMAM ALI YG PANTAS MENJADI IMAM SETELAH WAFAT ROSUL?

    Dan (Ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhan-nya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata:”(Dan saya mohon juga) dari keturunanku. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”. (QS…. 2:124)

    ayat ini bermakna
    1.yg menjadi imam adalah turunan ibrahim,sedang ali as adalah turunan ibrahim as
    2.yg teramat penting dr ayat ini adalah,ayat tsb menyatakan bhw janji allah tdk mengenai orang yg zalim.
    sedangkan perbuatan zalim yg terbesar adalah mempersekutukan tuhan.
    ini menunjukan bhw seorang imam tdk boleh mengalami masa kekafiran/musyrik(mempersekutukan tuhan),adakah diantara sahabat yg pernah memegang kekhalifahan pernah musyrik? maka apabila mereka pernah musyrik maka hak imamah utk mereka otomatis gugur,krn mereka telah berbuat dzalim
    3.ayat tsb diatas juga menyatakan bhw imam adalah maksum,krn seorang imam terhindar dr perbuatan zalim,baik kecil atwpun besar,sprt apa yg allah katakan “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.

  7. IMAM AL HUSAIN BIN ALI mengatakan:

    BETUL ITU MBAH JUGA BACA YANG SATU INI:

    Al-Quran, Kitab Yang Tak Mungkin Ditahrif

    Syi’ah dengan berbagai tuduhan dan tudingan tetap berkeyakinan bahwa Quran yang ada ditangan kita dan yang ada di tangan semua orang muslim adalah Quran yang sama yang diturunkan pada kita Muhammad Saw;tidak bertambah dan berkurang walau satu kalimatpun.
    Masalah ini begitu jelas dipahami dari kitab-kitab tafsir, ushul fiqih dan lainnya dengan berbagai dalil aqli dan naqil.
    Syi’ah dengan berbagai tuduhan dan tudingan tetap berkeyakinan bahwa Quran yang ada ditangan kita dan yang ada di tangan semua orang muslim adalah Quran yang sama yang diturunkan pada kita Muhammad Saw;tidak bertambah dan berkurang walau satu kalimatpun.
    Masalah ini begitu jelas dipahami dari kitab-kitab tafsir, ushul fiqih dan lainnya dengan berbagai dalil aqli dan naqil.

    Kita meyakini sesuai dengan ijma’ para ulama Islam baik Syi’ah atau Ahli sunnah bahwa Quran tidak bertambah dan juga menurut kesepakatan moyoritas muhaqqiq bahwa tidak ada yang terkurangi dari Al-Quran sedikitpun.

    Memang ada sedikit dari dua kelompok tersebut meyakini bahwa Quran ada yang bekurang akan tetapi keyakinan mereka tidak didukung oleh cendikiawan-cendikiawan terkenal Islam.

    Dua Kitab Dari Dua Kelompok

    Diantara mereka adalah Ibnul-Khatib Misry dari golongan ahli sunnah yang menulis kitab Al-Furqan fi Tahrifil Quran dimana kitab tersebut telah tersebar pada tahun 1948M ( 1367 H.Q). Universitas Al-Azhar pada waktu yang tepat menyadari keberadaannya mahaminya hal teesebut dan akhirnya mengumpulkan berkas-berkas itu dan melenyapkannya. Akan tetapi beberapa berkas darinya masih di tangan beberapa orang.

    Begitu juga dengan kitab Faslul Khitab fi Tahrifi Kitab Rabbil Arbab yang ditulis oleh salah satu muhaddis yang bernama Haji Nuri dan telah dicetak pada tahun 1291H.Q , para pemuka hauzah ilmiah Najaf mengingkarinya dan mengeluarkan perintah untuk mengumpulkannya dan ditulislah beberapa kitab yang banyak yang menentang kitab tersebut, diantara para ulama yang mengkritik dan menentang kitab tersebut adalah:

    1. Seorang faqih yang terpilih yang bernama marhum Syekh Mahmud bin Abi Qasim yang terkenal dengan Muarrab Tehrani (wafat pada tahun 1313) yang mana beliau menulis kitab Kasyful Irtiyab fi Adami Tahrifil Kitab.
    2. Marhum Allamah Sayyid Muhammad Husain Syahristani (wafat pada tahun 1315) beliau menulis kitab lain dalam rangka menolak kitab Faslul Khitab karnya Haji Nuri yang bernama Hifdzul Kitabisy Syarif ‘an Syubhatil Qaul bit Tahrif.
    3. Marhum Allamah Balaghi (wafat pada Tahun 1352) salah seorang muhaqqiq hauzah ilmiyah Najaf yang terkenal dengan karangannya kitabTafsiru Alau Rahman, merupakan salah satu ulama yang menulis kitab untuk menjawab isi kitab Faslul Khitab.[1]
    4. Kami juga mendapatkan dalam kitab Anwarul-Usul pembahasan yang cukup luas tentang tidak adanya tahrif Quran Majid dan kami juga memberikan jawaban yang memuaskan pada syubhah-Syubhah kitab Faslul-Khitab.
    Marhum Haji Nuri walaupun seorang alim akan tetapi dia sebagaimana perkataan Allamah Balaghi selalu bersandar pada hadis-hadis dzaif dan lemah, dan dia sendiri merasa menyesal setelah tersebarnya kitab tersebut, semua pembesar hauzah ilmiyah Najaf menyimpulkan bahwa penyesalannya dikarenakan kesalaha-kesalahannya yang jelas tersebut.[2]

    Yang menarik perhatian adalah Haji Nuri setelah bukunya tersebar dan dikarenakan serangan yang ditujukan kepadanya, untuk membela diri terpaksa dia menulis risalah yang isinya adalah maksud saya dari kitab tersebut adalah tidak adanya tahrif dalam al-Quran akan tetapi dari ungkapan-ungkapan yang saya pakai telah ……..salah difahami.[3]

    Marhum Allamah Sayyid Hibbatuddin Syahristani mengatakan: ketika aku berada di Samira, berkata Marhum Mirza Syirazi Buzurg, Samira dirubah menjadi markas ilmu-ilmu Syi’ah, setiap aku memasuki suatu acara aku mendengarkan jeritan-jeritan dalam rangka menentang Haji Nuri dan kitab yang ia tulis dan sebagian dari mereka menyebutkannya dengan kalimat-kalimat yang buruk. [4]

    Dengan ini semua apakah masih bisa perkataan Syekh Nuri dinisbatkan dengan akidah Syi’ah?

    Sebagian dari mutaassib wahabi kitab Faslul-Khitab ini dibut sebagai alasan dan memaksa menisbatkan masalah tahrif Quran pasa Syi’ah, sedangkan:

    1. Kalau hanya dengan satu kitab bisa dijadikan dalil bahwa Syi’ah meyakini hal ini maka masalah tahrif Quran ini juga harus dinisbatkan pada Ahli Sunnah, karena Ibnu Khatib Misri juga menulis kitab Alfurqan fi Tahrifil Quran. Jika protes para ulama al-Azhar terhadap kitab tersebut merupakan dalil akan ketiadak benaran isi kitab tersebut, maka penolakan dan protes para ulama Najaf terhadap kitab Faslul-Kihitab juga merupakan dalil yang sama akan ketidakbenaran isi kitab.

    2. Dalam tafsir Qurtubi dan Durul-Mantsur yang mana kedua kitab tersebut termasuk kitab tafsir yang makruf di kalangan ahli sunnsh, dinukil dari Aisyah (istri nabi Saw) dimana dia mengatakan:” sesungguhnya surah Al- Ahzab memiliki 200 ayat, maka yang tersisa hanya 73 ayat saja.[5]

    Lebih dari itu, dalam kitab Bukhari dan Muslim riwayat semacam itu juga yang mengesankan tahrif Quran dapat dijumpai dalam kedua kitab standar tersebut.[6]

    Akan tetapi, tidak bisa kita mengatakan akan tahrif Quran dengan berlandaskan kepada seorang penulis atau beberapa riwayat lemah.
    3. Mayoritas riwayat yang dinukil oleh Haji Nuri dinukil dari tiga perawi yang mazhabnya tidak jelas atau seorang pembohog atau kondisi tidak diketahui; Ahmad bin Muhammad Al-Yasari, Ali bin Muhammad Kufi dan Abu Jarud.

    4. Pada dasarnya tuduhan tahrif Quran yang dinisbahkan kepada sebuah sekte imbas dan citra buruknya mengarah kepada agama Islam sendiri. Karena hal inilah yang diinginkan oleh para musuh Islam.

    5. Para qari’ dan hafiz Quran dari Iran (yang secara note bene pengikut Syi’ah) yang kerap kali mendapat peringkat terbaik dalam musabaqah qurani, terlebih para hafiz kecil, serta ribuan hafiz setiap tahunnya yang muncul dari negeri ini, semuanya membaca dan menghafal al-Quran yang sama dengan Quran yang ada di tangan musimin.

    Dalil Aqli Dan Naqli

    Di dalam al-Quran terdapa banyak ayat yang menegaskan bahwa kitab agung ini tidak akan ditahrif. Allah berfirman:” sesungguhnya Kami telah menurunkan dzikr dan Kamilah yang akan menjaganya.[7]

    Dalam ayat lain disebutkan:” Dan sesungguhnya dia adalah kitab yang tidak ada tandingannya, tidak akan sesuatu (yang batil) yang akan mengahmpirinya; baik dari depan, belakang, karena dia diturunkan dari Dzat yang bijak danterpuji.[8]

    Selain itu, para pencatat wahyu yang jumlahnya sekitar 14 orang hingga 400 orang senantiasa siogap dan dengan cepat mencatat ayat-ayat yang baru turun kepada Rasulullah Saw. Terdapat ratusan para hafiz di zaman itu saat ayat turun mereka langsung menghafalnya. Bacaan kitab ini saat itu merupakan ibadah penting yang dibaca siang dan malam. Di samping itu, Quran merupakan kitab pedoman kehidupan kaum muslimin yang selalu hadir di tengah-tengah kehidupan. Dengan memperhatikan bukti-bukti di atas, akal sehat tidak mungkin membenarkan bahwa dia dapat dirubah; ditambah atau dikurangi.

    Dalam riwayat yang dinukil dari para maksum juga telah ditekankan keterjagaan Quran dari tahrif. Amirul mukminin Ali a.s. dalam Nahjul balaghah bersabda:” Allah telah menurunkan kepada kalian sebuah kitab yang menjadi penjelas segala sesuatu, dan Dia menganugrahkan usia Rasulullah Saw sampai agama yang diridhai itu sempurna melalui al-Quran.[9]

    Catatan Kaki:

    [1] Alaur-Rahman, jilid 1, hal 25.
    [2] Alaur-Rahman, jilid 2, hal 311.
    [3] Adz-Dzariah, jilid 16, halaman 231.
    [4] Burhane Rusyan, halaman 143.
    [5] Yafsir Qurthubi, jilid 14, halaman 113 dan Durul-Mantsur, jilid 5, halaman 180
    [6] Shahih Bukhari, jilid 8, halaman 208-211 dan shahih Muslim, jilid 4, halaman 167 dan jilid 5, halaman 116.
    [7] Surah Hijr, ayat 9.
    [8] Surah Fushilat, ayat 41 dan 42.
    [9] Nahjul Balaghah, khutbah 86.

  8. afkar fathani mengatakan:

    Permisi mbah, kalau mau belajar sama mbah bagaimana caranya ? saya ada belajar ilmu gaib sedikit sedikit

  9. MBAH ARIFYANTO mengatakan:

    @afkar fathani:bisa anda hub lsaya lewat phone atau email yang ada disamping

  10. afkar fathani mengatakan:

    terima kasih mbah

  11. alwindo djuhardi mengatakan:

    ASALAMUALAIKUM SAUDARA ARIFFYANTO & SAUDARA2 PECINTA GAIB..LAA FATA ILLA ALI LAA SAYFA ILLA ZULFAQOOR NASHRUM MINALLAAHI WA FAT HUN QARIIB..DIBACA SETELAH SELESAI MAKAN SAMBIL TELAPAK TANGAN DIASAH-ASAH SEPERTI MENGASAH PARANG SETELAH ITU BIARKAN SATU JAM BARU DI CUCI DIAMALKAN SELAMA 40 HARI,KALAU KITA MENAMPAR ATAU MENINJU POHON AKAN JADI LAYU(MATI),TAMPARKAN PADA POHON PISANG BESOKNYA MATI ITU POHON,..TAPI ILMU INI PERLU IJAZAH,SAYA HANYA MEYAKINKAN KALAU AYAT YANG DIPOSTING SAUDARA ARIFYANTO ITU MEMANG DAHSYAT ..SEKEDAR PENAMBAH WAWASAN..WASALLAM

  12. ARIF RAHMAN mengatakan:

    mohon di ijajah kan ke saya , amin

  13. Hamzah Abdul Wahab mengatakan:

    MBAH AFRIYANTO LOE DUKUN YA ?…DIMANA ROSUL saw MENGAJARKAN SEPERTI ITU GA DALIL PUN DARI QUR’AN MAUPUN SUNAH TENTANG CERITA LOE DUKUN . ASLI LOE PEMBANTU ISLAM YG TIADA LAIN LOE PARASIT DALAM ISLAM YG HARUS DI HILANGKAN.

  14. Hamzah Abdul Wahab mengatakan:

    LOE HANYA MEMBAWA QUR’AN HANYA UNTUK MEMBENARKAN PERBUATAN LOE MBAH,YG JELAS AYAT AYAT YG LOE BW GA NYAMBUNG DENGAN APA YG LOE OMONGIN ALIAS BERTOLAK BELAKANG DENGAN TAFSIR DARI AYAT ITU.

  15. Hamzah Abdul Wahab mengatakan:

    YG GHAIB ITU DEFINISI NYA LUAS,BKN MASALH YG ADA DI LINK INI.COBA BELAJAR LAGI WAHAI SAUDARA KU TENTANG ISLAM,KLU MEMAHAMI YG GHAIB TDK SESUAI APA YG DI JELAS KAN OLEH NABI (HADITS) MAKA ITU BISA TERJERUMUS PADA KE MUSYRIKAN.

  16. MBAH ARIFYANTO mengatakan:

    @HAMZAH ABDUL WAHAB YANG BERMAZAB WAHABI:bener mas saya dukun….kata orang orang gitu,tapi saya cuma niat bantu orang aja mas,..biar orang lain bahagiah dan gak menyalahkan Alloh terus…
    menghujat Alloh gara-gara gak kuat nrima cobaan,selain itu saya juga pengen nanam kebaikan ke sesama buat bekal saya nanti,
    .Al qur’an memang harus dibawa mas…..bukan dibikin hiasan kaligrafi atau sebagai bahan hujatan atau perdebatan,
    kadang saya juga bawa al qur’an buat pengajian,atau ada acara aqoqohan….
    soal sunnah yang paling penting adalah menolong orang…..,bukan lewat mulut tapi lewat…praktek,soal sambung menyambung biar tersambung pake tali atau pake kawat nanti insya Alloh nanti tersambung,mau buat jemuran….atau mau buat ngikat kambing silahkan aja…

    saya akui saya memang parasit(paras pas-pasan tapi gesit),
    klo mau menghilangkan saya gampang mas bisa pake penghapus atau stipo

    ghoib itu telah dijelaskan oleh nabi mukhammad saw dengan detail
    tapi oleh sahabat umar bin khottob sendiri hadist itu telah dihilangkan atau dimusnahkan,masalahnya dahulu umar bin khotob gak suka belajar ghoib,pernah umar disuruh cium hajar aswat,disuruh gitu gitu aja masih grundel”andai saja ini bukan perintah nabi saya gak akan lakukan”,jadi menurut saya sahabat umar gak suka ke ghoiban,masalah keghoiban hanya ada di imam Ali a.s
    klo gak percaya gunakan mesin waktunya doremon buat melintas alam massa lalu,atau masnya mati dulu…nanti di alam sana akan dijelaskan oleh imam mahdi A.s al muntazar….
    jadi klo masih gak yakin dengan masalah ghoib jangan dipelajari mending memelihara jenggot sama beli celana cingkrang yang banyak biar gak kehabisan stok model baru

    saya memang syirik….terserah mau syirik kecil atau syirik besar nanti klo masnya pengen tak kasih cuma cuma…..buat buka puasa
    soalnya dirumah saya juga jualan kurma tak kasih label cap “syirik”
    biar ngetren dikit…..klo di surabaya ada rawon setan,soto dalbo,
    gule demit,saya ada kurma “syirik”

    ghoib memang luas mau ukuran berapa meter ada,klo di link ini cuma mengajarkan melihat ghoib ,klo gak suka mending bikin link sendiri dengan judul cara memelihara jenggot panjang dan indah sama bikin link jual beli koleksi celana cingkrang pasti asyik
    dan ruarrrrrrr biasa…..

  17. Ki Arsali mengatakan:

    wah..wah…bid’ah lagi..bid’ah lagi, musyrik lagi musyrik lagi, cape deh…
    sebetulnya yang harus belajar islam lebih dalam itu siapa ya…?
    di lanjut mbah arif.. maju terus pantang munduuur…!!!

  18. hamba mengatakan:

    huahahaha
    sante aj mbah kitab kuning aj di kritik,tahlilan dikritik qunut di kritik,yasinan di kritik,mujahadah di kritik,kendurenan di kritik,syukuran di kritik ziarah qubur di kritik,maulid nabi dikritik,pa lagi sampeyan mbah.apa pun yg dilakukan sesama muslim yg menurut mereka salah di kritik hahaha wahabi2 ga ada kerjaan pa online2 gt.kritak kritik kanan kiri

  19. hamba mengatakan:

    apa kah mereka lahir bukan dari tanah indonesia sehingga mereka gak bermahzab.gak kenal wali songo,syekh abdul qadir jaelani lo dikritik wong dzikir lo dikritik.opo menungso ngunu takdire orep dadi tukang kripik eh kritik.rumongso paling resik atine paling akeh apalane alquran lan hadistse paling akeh paling pahalane.paling khusuk sholate paling akeh amal ibadahe.paling bener tauhide.paling wuaaahcing..hahaha

  20. Petualang mengatakan:

    Maju terus mbh arif.
    Jika perlu musnakan saja orang macam itu.

  21. Aza mengatakan:

    Salam Mbah, saya baru lihat web ini, dan membacanya, apa bisa saya mengamalkan, amalan yang mbah tulis di atas, “LAA FATA ILLA ALI LAA SAYFA ILLA ZULFAQOOR” cara nya bagai mana mbah, mohon petunjuknya..Wassalam

  22. aditya mengatakan:

    ki tinggal dimana,, boleh belajar gak

  23. mohamed zulkifli razi mengatakan:

    mbah..mohon diperkenankan diijazahkan pada saya..akan ku gunakan pada jalan kebaikan..doa mbah mohon dipinta agar aku trus dalam dalam dakapan ALLAH.AMIIN.

  24. MBAH.ARIFYANTO mengatakan:

    @MOHAMED ZULKIFLI:boleh silahkan diamalkan ,akan tetapi amalan diatas memang buat sarana perang entah itu buat melawan aparat brengsek,debt kolekt,juru sita dll,cuma untuk kebaikannya ada di bagian mananya…klo buat kebaikan bisa belajar pengobatan….saja,gak perlu belajar ilmu ginian,karena apapun keputusan kita untuk mempergunakan ilmu tentunya harus belajar rasa kmanusiaan kepada yang lain,gara2 mertua galak ,tanpa basa basi langsung disikat habis,masya Alloh…..,jadi carilah ilmu sesuai kebutuhan dan bidangnya,amalan ini cocoknya buat pedagang kaki lima,tukang becak,anak jalanan yang tiap hari kena obrak,kena penertiban…..,maklum penertiban gak ada sosialisasi agar mereka bisa kembali ke jalan yang makmur,misal di kursuskan ketrampilan kerja di carikan kerja agar mereka tidak mengamen lagi,mengemis lagi,biasanya habis di ciduk mereka hanya di data lalu dilepaskan lagi…..tidak memanusiakan manusia…..mementingkan ego dan urusannya sendiri- sendiri…..jadilah kemiskinan dimana-mana

  25. Asep Ahmad mengatakan:

    mohon ijin mbah minta ijazahin..

  26. managa mengatakan:

    asalam..mohon ijin amal

  27. sendyalone mengatakan:

    Kalau kita mengamal kan amalan tersebut syp yg membantu kita dapat melakukan hal gaib seperti diatas? Dan kepada syp kita memohon pertolong dan perlindungan dari pada marabahaya? Kekuatan sypkah yg lebih unggul dan tiada trtandingi? Mksh

  28. N Hanafi mengatakan:

    Saya baru membaca web ini dan saya tertarik dengan isinya,saya tertarik dengan masalah kerizkian ,umur saya sdh diatas 60 tahun,tapi karena masih diberi umur oleh Allah maka untuk hidup saya masih butuh rizki,saat ini saya tidak bekerja dan tidak usaha setelah pension dari perusahaan swasta saya ditipu orang sehingga tidak ada modal lagi untuk usaha adapun yang mencari rizki hanya istri,padahal saya masih ada 2 anak yang butuh biaya sekolah untuk itu saya mohon diizinkan/diijazahkan pada saya untuk amalan2 (terutama kerezkian)untuk diamalkan,mudah2an embah selalu diberi umur yang barokah oleh Allah .

  29. jey mengatakan:

    keren,, sayang belum di ijazahkan.

  30. nana latif mengatakan:

    Mohon ijin utk mengamalkan n ijazahnya Ɣα̇̇̇̊ª… Mbah……

  31. nana latif mengatakan:

    Mohon ijin utk mengamalkan n ijazahnya mbah dan bgaimna caranya utk mngamalkannya mbak…..

  32. joenray mengatakan:

    Assalamualaikum mbah Arif…
    Salam rahayu seger kewarasan…
    kulo pengen belajar pengobatan mbah pripun cara kontek2ane njih??? :)
    wassalam

  33. Q-Fals mengatakan:

    Numpang lewat mbah…
    Ini amalan pedang Ali Zulfikar ya mbah..?
    Salam mbah..

  34. ediesdjewe@gmail.com mengatakan:

    mohon ijin gabung ya mbah arifiyanto. yang gaul dan kerenn..

  35. Papah Mamah mengatakan:

    qobiltu……ijin mengamalkan

  36. Maman suryaman mengatakan:

    Mohon izin ijazah kiai. Tp lengkap nya gimana ? Mohon di sher ya pak kai,biar mantap heeee

  37. Dawn Red mengatakan:

    Askm…saya dri Malaysia. Berminat dgn pengkhusussan ilmu ini. bagaimana???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s